Diberdayakan oleh Blogger.

adsense link 728px X 15px

Kamis

Storage Dell Tanpa Biaya Tersembunyi

Semua pengguna komputer pasti memerlukan storage, apa pun itu bentuknya, apalagi di era internet. Bahkan, ada peluang baru berupa storage online. Namun, ironisnya, beberapa perusahaan yang terkenal akan produk storage-nya justru dicaplok oleh raksasa-raksasa TI yang awalnya tidak bergelut di bidang storage.

Di antara perusahaan storage yang ada, mungkin belum banyak konsumen awam yang mengenal nama Dell. Maklum, storage Dell lebih ditujukan ke kalangan perusahaan, bukan perorangan. Tawaran storage Dell mulai dari SAN (storage attached network), SCSI sampai FC (fiber channel). Yang paling baru adalah EqualLogic PS Series.

“Ini menawarkan rancangan proteksi data 5-tier, dan secara kinerja lebih baik dibandingkan FC. Untuk instalasi bisa empat hingga lima kali lebih cepat dibandingkan milik saingan,” kata Wisnu Gunarso, Storage Business Development Manager Dell Global BV (Indonesia Branch).

Salah satu keunggulan EqualLogic, tambah Pieter Lydian selaku Director & Country Manager Dell Indonesia, terletak pada tidak adanya biaya yang tersembunyi (hidden cost). “Hidden cost bisa dua-tiga kali harga mesinnya sendiri. Di Dell tidak ada. Semua fitur sudah diberikan tanpa biaya tambahan. Controller sudah termasuk, begitu pula disk dan OS. Tidak ada biaya untuk lisensi tambahan atau service charge,” paparnya.

Seri terbaru EqualLogic ini, kata Wisnu, sudah bisa digunakan untuk mengemas 10 gigabit ethernet. Seperti storage lainnya, salah satu fitur EqualLogic adalah virtualisasi. “Tapi ini paling sederhana, pakai ethernet switch, bukan FC switch sehingga bisa menggunakan switch yang sudah ada. Juga bisa thin provisioning, auto storage pools, dan tiering. Kami bermitra dengan VMware,” tutur Wisnu.

“Juga bisa Disaster Recovery dan Automation. Ini fitur yang banyak dicari klien sekarang,” kata Wisnu. Ke depannya, menurut Wisnu, EqualLogic juga akan menawarkan replikasi yang lebih tersinkronisasi dan akan difungsikan sebagai NAS. Fitur ini tercakup dalam produk. Tinggal lakukan update yang gratis,” paparnya.

Comments :

0 mohon bimbingan to “Storage Dell Tanpa Biaya Tersembunyi”


Posting Komentar

mohon bimbingan