Diberdayakan oleh Blogger.

adsense link 728px X 15px

Kamis

Produsen Korea Bayang-bayangi iPhone dan BlackBerry

Kompetisi di industri smart phone kian memanas. Sejumlah analis menyatakan, produsen handset Korea seperti Samsung dan LG berencana menggebrak pasar dan mencacah market share Apple maupun Research in Motion.

Produsen handset asal Korea tersebut memiliki strategi multi-platform pada smart phone-nya sekaligus mencoba berkolaborasi dengan sejumlah pabrikan komponen yang mampu membikin ongkos produksi handset menyusut. Nah, harga jual yang lebih rendah inilah yang akan ditawarkan untuk konsumen. Analis pun percaya, dengan dua jurus tersebut, produsen handset asal Korea nantinya akan menggaet pangsa pasar yang lebih tinggi.

Dari sejumlah penelitian yang dilakukan, strategi yang dilakukan haruslah terfokus pada inovasi dan aplikasi yang lebih menarik; sekaligus fitur piranti yang lebih lengkap.

Foong King Yew, research director, Carrier Operations and Strategies, Gartner, mengatakan, iPhone telah menjadi patokan bagi produsen lainnya untuk mengikutinya. "Dan kami melihat Samsung sebagai pengikut agresif iPhone, mecoba untuk terus membebek setiap fase inovasi yang dilakukan iPhone; sementara produsen handset lainnya justru mandek," katanya.

Menurutnya, kunci inovasi yang akan datang adalah menjadikan smart phone sebagai piranti multi media yang memungkinkan penggunanya mengakses media, ho hiburan, musik, game bahkan e-readers. Inilah inovasi yang telah dilakukan oleh Samsung.

Tetapi, meski membebek dengan sukses, tetap saja ada begitu banyak tantangan yang menghadang Samsung. Termasuk di antaranya, minimnya aplikasi dan gerai musik online yang selama ini menjadi motor iPhone milik Apple.

Merespons tantangan itu, Samsung maupun LG masih bisa bekerjasama dengan penyedia platform lain seperti Android milik Google. "Mereka telah menggunakan strategi multi-platform dan telah mulai mendengarkan pendapat konsumen. Dengan demikian, mereka telah meningkatkan level kepuasan konsumen," tandas William Lee, Senior Analis Ovum.

Tak hanya itu saja, soal banderolan harga yang dipasang Samsung maupun LG yang lebih murah ketimbang iPhone maupun BlackBerry, telah membantu penggemukan pangsa pasar.(KONTAN/Femi Adi Soempeno)

Comments :

0 mohon bimbingan to “Produsen Korea Bayang-bayangi iPhone dan BlackBerry”


Posting Komentar

mohon bimbingan