Diberdayakan oleh Blogger.

adsense link 728px X 15px

Jumat

Bisnis Baru Sebagai Web Designer

Kolom Bisnis & Keuangan

Bisnis Baru Sebagai Web Designer

Pada masa kini, sukses atau tidaknya bisnis tak bisa dilepaskan dari penggunaan IT ( Information Technology) untuk menunjang kelancaran bisnis. Kini, banyak perusahaan telah mempunyai website sebagai salah satu sarana promosi dan komunikasi. Tak heran, jika jasa web designer kini menjadi incaran perusahaan.

Seiring dengn permintaan pasar yang terus meningkat, bisnis web designer memiliki prospek yang cerah. Hal ini juga dialami Surahman yang baru setahun lalu merintis jasa web design, kini telah mempunyai klien para pebisnis. Mereka membutuhkan kehadiran website komersial untuk mempromosikan usahanya. “kebanyakan untuk mempromosikan produk dan jasa mereka, karena sudah tahu kalau dengan internet di mana saja bisa diakses sehingga peluang untuk mengembangkan usahanya lebih jelas,” katan Maman yang membuka workshop “Cipta Karya Mandiri” di jl. H. Amsyar no. 35 Bintaro, Pesanggrahan ini.

Bukan hanya kliennya saja yang mempromosikan produk dan jasanya di internet, para web designer swperti Surahman juga menjaring kliennya lewat internet di www.c-4webdesign.com setelah setahun menekuni profesinya, Surahman yang dibantu Harny sebagai administrator dan mengangani keuangan, telah berhasil meyakinkan 25 klien. Para kliennya tersebar mulai dari Jakarta hingga Kalimantan Timur bahkan sampai ke San Fransisco, Amerika Serikat. “Proses order-nya justru lebih sering melalui email. Kalau di Jakarta terkadang ada yang ingin ketemu langsung. Mereka takut kalau kita fiktif atau penipuan,” jelas pria lajang lulusan STM ini.

Biasanya, para klien ini awalnya hanya menyatakan tertarik dengan penawaran di web yang dikelola Surahman. Email kedua, mereka sudah lebih serius dengan harga dan design yang diinginkan. Untuk menghindari kekhawatiran web penipuan, Surahman langsung merespon setiap ada pebisnis yang tertarik dengan penawaran web designnya. Dengan demikian calon klien percaya atas penawaran yang diajukan. Selain itu, Surahman juga mencantumkan nomor telepon rumah. Hal ini yang jarang dilakukan oleh pihak yang melakukan penipuan melalui internet. “Kalau mereka sudah percaya dan designnya sudah ada, maka kita minta pembayaran di awal,” ujarnya yang mempunyai motto web service solution.

Cipta Karya Mandiri, melayani web design, web marketing dan web hosting. Ini sudah dilengkapi dengan konsep web dinamis content management system (CMS). Dengan CMS, memungkinkan klien dapat melakukan up dating isi informasi untuk produk baru ataupun penawaran baru melalui website. Selain itu, ada fasilitas free live chat room yang memungkinkan klien berdiskusi dengan kolega mereka di lain kota atau diskusi antar cabang. Chat room menggunakan fasilitas Yahoo Messenger, Google Talk, Java Chat Room atau Flash Chat Room. Untuk mengetahui frekkuensi website yang diakses, pengunjung dapat juga dilengkapi dengan buku tamu.

Surahman yang belajar membuat web secara otoditak ini, telah mengembangkan contoh 200 lay out design yang dapat dipilih klien. Calon klien juga dapat merumuskan konsep design sendiri. selama ini design yang dipesan lebih banyak untuk web marketing yang memuat gambar-gambar dan fasilitas interaksi dengan pengunjung website. “Sebelum disetujui biasanya dilakukan revisi sehingga memungkinkan klien melakukan perubahan. Biasanya revisi hanya satu kali dan bisa disetujui klien,” katanya.

Bagaimana dengan tarifnya? Surahman yang mengawali usaha bersama empat temannya ini menjamin tarifnya termasuk murah tetapi tetap professional. Pasalnya, dengan kapasitas hosting yang besar memungkinkan untuk dipecah-pecah dan disewakan, sebab klien yang menggunakan jasanya untuk mendesain website juga mendapat kapasitas hosting. Jadi, paket yang ditawarkan adalah design web dan maintenance hosting selama satu tahun. “Rata-rata tariff yang dipilih klien sekitar Rp. 550 Ribu untuk satu tahun. Saat ini sudah ada yang mau masuk setahun dan mereka sudah akan memperpanjang lagi. Kita ‘kan menyewa hosting dengan murah sehingga kita tidak terlalu tinggi mengenakan tariff kepada klien,” katanya.

(Reporter : Wahid Ma’ruf)

Sumber : http://c-4webdesign.info/2010/07/30/bisnis-baru-sebagai-web-designer/

Comments :

0 mohon bimbingan to “Bisnis Baru Sebagai Web Designer”


Posting Komentar

mohon bimbingan