Diberdayakan oleh Blogger.

adsense link 728px X 15px

Sabtu

Membuat Educational Toys Sendiri

Educational toys merupakan suatu istilah dimana mainan yang dimainkan oleh putra-putri kita mengandung suatu unsur pendidikan, sehingga anak tidak hanya sekedar bermain tetapi secara tidak sengaja juga mempelajari sesuatu, sehingga dapat dikatakan mereka bermain sambil belajar.
Tahukah anda bahwa kita sendiripun dapat membuat educational toys? Kita dapat menggunakan bahan yang murah bahkan bahan yang ada dirumah untuk membuat educational toys, bahan-bahan itu adalah:

  1. Kertas
Dari kertas kita dapat membuat macam-macam mainan. Origami salah satunya. Kita dapat membuat mainan kapal-kapalan, topi dan sebagainya. Setelah mainan selesai kita dapat menghiasnya dengan menggunakan cat air atau pinsil warna, dapat juga dengan menempelkan kertas warna-warni.
  1. Dus
Dus bekas kotak susu dapat dijadikan mainan multifungsi. Kita bungkus dengan fancy paper, dapat dijadikan tas mainan dengan memberinya tali atau kalau banyak dapat digunakan untuk membuat balok-balok warna-warni berukuran besar.
  1. Kain
Kain-kain bisa digunakan untuk membuat boneka-boneka tangan. Tentu ini tidak dapat dilakukan si kecil sendiri. Buatlah boneka jari sederhana, dan berceritalah dengan si kecl tentu akan membuatnya senang.
  1. Kertas Karton
Kita dapat membuat puzzle yang kita inginkan dari karton. Tempelkan gambar yang anak anda sukai kemdian guntinglah gambar tersebut, ukuran guntingan bisa disesuaikan dengan kondisi si anak. Ukuran besar atau kecilnya potongan dapat disesuaikan dengan kodisi anak. Anak yang bukan tipe penyabar tentu akan membtuhkan potongan puzzle dengan ukuran yang agak besar.
  1. Kancing
Untuk anak yang sudah lebih besar, anak TK atau Elementray School anda dapat menggunakan bahan lain yang lebih kecl ukurannya. Kancing msalnya dapat kita tempel sehingga menjadi kolase atau bila dikombinasi dengan manik-manik dapat menhasilkan kalung atau gelang.
  1. Tepung
Membuat dough sendiri? Anda dapat mebuat dough dari tepung dan mencampurnya dengan sedikit air dan pewarna makanan kemudian mendidihkannya diatas api. Namun dough ini hanya dapat bertahan dalam beberapa jam saja karena adonan dapat menjadi keras.
Diatas adalah baru sebagian kecil bahan yang dapat anda manfaatkan untuk membuat mainan. Untuk anak yang masih batita (toddler) sebenarnya memilih barang dirumah yang dapat dijadikan mainan tentu lebih mudah karena batita hanya memerlukan bentuk barang yang utuh berukuran besar seperti mangkok atau piring plastik. Selain bahan diatas mungkin anda bisa memanfaatkan bahan lain yang ada dirumah anda sendiri.
Semua dapat dimanfaatkan tergantung dari kreatifitas anda. Terlebih lagi jika kita ikut mendampingi anak dan membuatnya bersama-sama, tentu akan membuat anak anda merasa senang. 

http://artikelmu.com/?p=246

Comments :

0 mohon bimbingan to “Membuat Educational Toys Sendiri”


Posting Komentar

mohon bimbingan